KENALI GAYA BELAJAR ANAK

Diposkan oleh Saepul Rohman on Rabu, 19 Mei 2010


Dalam sebuah kegiatan belajar, seorang anak tentu akan memiliki perbedaan dalam hal menangkap materi yang disampaikan oleh seorang pengajar. Perbedaan ini dapat dipengaruhi oleh gaya belajar anak yang berdeda dalam sebuah kegiatan belajar, oleh karena itu, sebagai seorang pengajar, tentunya harus tau seperti apa gaya belajar anak tersebut, dan bagaimana cara menangani masing-masing gaya belajar anak. Berikut Upit and Thio kasih Tahu beberapa gaya belajar anak dan langkah-langkah yang harus diambil oleh seorang pengajar dalam rangka memberikan sebuah pendidikan yang baik.

Visual

• Cara dan gaya belajar visual diterapkan pada siswa yang dapat lebih efektif dengan penglihatan fisiknya, seperti lewat membaca, mengamati, membaca, menunton, dan segala cara dan gaya yang melibatkan panca indra mata.

Langkah :

• Menggunakan intiusi sebagai cara memvisualkan informasi
• Belajar dapat dilakukan dengan melibatkan kemampuan imajinasi siswa itu sendiri, dapat digunakan dengan media peta pikiran (mind mapping, komputer, visualisasi gambar, dan media elektronik).

Auditori

• Cara dan gaya belajar auditori lebih efektif dengan cara mempergunakan suara dan pendengaranya. Seperti membaca dengan suara keras, medengarkan, berdialog, dan segala cara yang mengoptimalkan fungsi pendengaranya (telinga).

Langkah :

• Sebelum proses belajar perlu dilakukan rileksasi sambil menjelaskan dan mengajak mereka memikirkan apa yang akan dilakukan hari ini
• Belajar efektif dengan dialog , membaca dengan keras dan dramatis, tanya jawab, rekaman hasil belajar.

Kinestetik

• Diterapkan lebih efektif dengan cara melibatkan emosi dan fisiknya secara langsung, seperti menggerakan tubuh, belajar dengan berpindah tempat, mengalami secara langsung , aktif secara fisik, merasakan dan melibatkan emosi dan lain-lain yang mengoptimalkan fungsi rasa dan fisik.

Langkah :

• Sangat efektif proses belajarnya bila mereka dapat mengimajinasikan apa keperluan dan kebutuhannya dari belajar yang sedang dan atau akan dilakukan, atau dapat juga memanfaatkan video, demo belajar dan mind mapping.
• Gaya belajar ini akan lebih efektif bila belajar dengan keterlibatan fisik secara langsung, membuatkan model, memainkan peran, sambil berjalan/ berpindah tempat dan lain-lain bentuk keterlibatan fisik dan emosi.

Itulah beberapa gaya belajar anak yang dapat Upit and Thio kasih Tahu. Pertanyaan yang muncul dalam benak anda mungkin, Bagaimmana Upit and THio bisa mengetahui gaya belajar anak tersebut? Sebenarnya sih hal itu dapat kita ketahui dengan memberikan tes gaya belajar, tapi Upit and Thio tidak akan menerangkan sekarang tentang bagaimana melakukan tes tersebut, tetapi Insya Allah kami akan bahas dalam postingan selanjutnya. Jadi, kalau anda mau mengetahui lebih ,lanjut tentang cara mengetahui gaya belajar anak, silahkan anda mampir lagi ya……… Terima kasih. Jangan lupa tinggalkan komentar anda.
More aboutKENALI GAYA BELAJAR ANAK

MENGENAL GAYA BELAJAR ANAK LEWAT KONSEP MULTIPLE INTELEGENCE

Diposkan oleh Saepul Rohman on Minggu, 16 Mei 2010


Seperti yang kita tahu kalau multiple intelegence di pakai dalam dunia pendidikan, karena cara pendangnya terhadap kecerdasan anak dinilai lebih objektif, tanpa menghakimi satu anak pintar dan yang lainnya tidak pintar. Konsep multiple intelegence dipandang sebagai salah satu metode dalam dunia pendidikan yang memandang anak sebagai sesuatu yang unik dan memiliki berbagai potensi, dengan tidak menjadikan salah satu bidang dalam pendidikan untuk dijadikan sebagai tolak ukur. Dalam konsep multiple intelegence dikatakan bahwa, setiap anak kecuali yang memiliki cacat otak adalah pintar, minimal setiap anak memiliki salah satu kecerdasan dari Sembilan kecerdasan yang dijabarkan dalam konsep multiple intelegence.

Sebelumnya Upit and Thio telah membahas tentang bagaimana mengetahui gaya belajar anak, secara umum. Kali ini Upit and Thio akan sedikit membahas tentang bagaimana penjabaran dari gaya belajar anak berdasarkan konsep multiple intelegence. Karena dalam konsep Multiple Intelegence, dikenal dengan adanya 9 kecerdasan dalam diri manusia.

KINESTIKA

  1. Libatkan fisik secar umum dalam proses pembelajaran
  2. Lakukan rehearsal melalui gerakan, permainan peran, simulasi dan kegiatan praktis lainya.
  3. Berikan rehat fisik secara rutin sambil melakukan permainan, seperti Brain Gym.
  4. Beri kesempatan pada murid untuk mengungkapkan pengertianya dengan membuat atau memanipulasi obyek.
  5. Buatlah montase atau mural.
  6. Tetapkan target untuk meningkatkan diri dalam bidang olahraga atau kecakapan yang melibatkan kemampuan koordinasi tubuh.

INTRAPERSONAL

  1. Sediakan waktu yang cukup untuk melakukan refleksi dan berfikir
  2. Bersikap sabar dan menjawab pertanyaan yang bersifat terbuka dan filosofis ( membutuhkan jawaban mendalam )
  3. Pelajari filosofi untuk anak-anak dan mulai menggunakanya sebagai tambahan materi pelajaran.
  4. Perhatikan dan hargai perasaan dan motivasi sebagai bagian dari kesempatan berbagi cerita, pengalaman dan kesan.
  5. Gunakan peta pikiran dan tembok aspirasi/mural.
  6. Gunakan label positif untuk setiap anak.

LINGUISTIK

  1. Kurangi kesempatan bicara anda dan beri kesempatan lebih banyak untuk murid berbicara.
  2. Libatkan diskusi, debat, collaborative learning.
  3. Beri kesempatan pada anak untuk menjelaskan pengertianya dengan menggunakan bahasanya sendiri.
  4. Gunakan teknik kata atau kalimat kunci.
  5. Ajarkan dan minta anak untuk menyusun presentasi atau makalah
  6. Ajarkan pada anak teknik berbicara dan mendengar yang baik dan benar

MATEMATIKA DAN LOGIKA

  1. Jelaskan langkah yang anda gunakan dalam mengajar dan jelaskan mengapa anda menggunakan cara tersebut.
  2. Sering-sering menggunakan angka atau permainan yang melibatkan angka.
  3. Carilah hubungan antara matematika dan praktek kehidupan sehari-hari
  4. Ajarkan cara melakukan kategorisasi, klasifikasi, prioritas dan ketrampilan memprediksi.
  5. Ajarkan metode pemecahan masalah yang dapat digunakan dalam berbagai disiplin ilmu dan keadaan.
  6. Promosikan permainan yang melibatkan kemampuan berfikir lateral, misalnya dengan memberikan thinking puzzle.

VISUAL DAN SPASIAL

  1. Gunakan poster atau peta pikiran sebagai referensi.
  2. Ganti poster atau peta pikiran secara rutin.
  3. Ajarkan cara membuat peta pikiran, poster, flowchart atau grafik untuk melengkapi kemampuan murid dalam mencatat
  4. Gunakan model atau alat peraga
  5. Beri tugas yang melibatkan pembuatan gambar atau poster
  6. Gunakan tubuh anda sebagai alat bantu visual dan spasial dalam menyampaikan materi pembelajaran.

KINESTIK

  1. Libatkan fisik secar umum dalam proses pembelajaran
  2. Lakukan rehearsal melalui gerakan, permainan peran, simulasi dan kegiatan praktis lainya.
  3. Berikan rehat fisik secara rutin sambil melakukan permainan, seperti Brain Gym.
  4. Beri kesempatan pada murid untuk mengungkapkan pengertianya dengan membuat atau memanipulasi obyek.
  5. Buatlah montase atau mural.
  6. Tetapkan target untuk meningkatkan diri dalam bidang olahraga atau kecakapan yang melibatkan kemampuan koordinasi tubuh.

MUSIK

  1. Gunakan musik sebagai tanda waktu untuk mengerjakan tugas, untuk memulai dan mengakhiri sesi pembelajaran, atau mengubah mood dan untuk meningkatkan energi atau relaksasi.
  2. Gunakan musik untuk membantu mengingat materi
  3. Ajarkan dan tingkatkan ketertarikan murid pada musik melalui pelatihan atau kegiatan ekstra kurikuler.
  4. Beri kesempatan kepada murid untuk menceritakan musik kesukaanya, mengapa ia suka pada musik itu dikelas
  5. Bermain dengan musik/lagu dengan cara mengubah lirik, nada, tempo, volume atau keras lembut, sebagai bagian dari eksplorasi ke dunia musik.
  6. Memainkan berbagai jenis lagu atau musik dan meminta murid untuk menjelaskan apa yang mereka rasakan.

NATURALIS

  1. Melakukan perjalanan ke lingkungan, misalnya ke kebun raya atau taman safari.
  2. Belajar di alam terbuka
  3. Mempelajari kejadian alam seperti gempa bumi, gunung meletus, hujan dan banjir, pasang surut air laut dan apa implikasinya bagi umat manusia.
  4. Mempelajari factor-faktor yang mempengaruhi ekosistem.
  5. Mempelajari pengaruh perbuatan manusia terhadap alam, baik itu pengaruh positif maupun negatif, langsung maupun tidak langsung.
  6. Memelihara hewan atau tanaman di sekolah/kelas dan berinteraksi dengan mereka secara rutin.

Sekian dulu artikel tentang pengenalan kecardasan anak berdasarkan konsep Multiple Intelegece, dan untuk cara-cara atau tes bagaimana mengetahui gaya belajar anak, artikelnya akan Upit and Thio Posting berikutnya. Makanya jangan lupa balik kesini lagi untuk mengunjungi kami. Terima kasih

More aboutMENGENAL GAYA BELAJAR ANAK LEWAT KONSEP MULTIPLE INTELEGENCE

SOFTWARE PSIKOTES GRATIS

Diposkan oleh Saepul Rohman on Minggu, 09 Mei 2010

Berkaitan dengan postingan saya sebelumnya, tentang tentang lamaran pekerjaan, bagi fresh graduate. sebelumnya saya pernah berbagi tentang bagaimana membuat surat lamaran dan CV dalam Bahasa Inggris. sebagai bentuk tindak lanjutnya, saya akan berbagi lagi kepada para pengunjung tentang Software Psikotes, agar anda terbiasa menghadapi Psikotes yang pastinya akan anda hadapi kalau mau masuk kerja.

Software yang saya berikan kali ini, dalam format Fortabel, jadi anda tidak perlu menginstalnya ke dalam Laptop atau PC anda. yang perlu anda lakukan adalah Download dan langsung dapat dipergunakan sebagai bahan latihan menghadapi psikotes. selain itu, kelebihan dari Sotware psikotes ini adalah anda dapat langsung mengetahui, nilai yang anda peroleh setelah selesai mengerjakan seluruh soal yang diberikan.

berikut Software yang dapat anda download KLIK SAJA DISINI

Kalu sudah anda Download Softwarenya, anda bisa langsung mencobanya, dan rasakan manfaatnya. Tinggalkan pesan dulu ya sebelum pergi.
More aboutSOFTWARE PSIKOTES GRATIS

CONTOH SURAT LAMARAN DAN CV DALAM BAHASA INGGRIS

Diposkan oleh Saepul Rohman

Halo kawan-kawan upit and Thio ! semoga setiap aktivitas anda bernilai ibadah disisi Tuhan YME. dalam postingan kali ini Upit and Thio akan sedikit sharing buat teman-teman yang baru saja lulus sekolah atau Kuliah. Upit and Thio akan berbagi sedikit tentang surat lamaran dan CV dalam bahasa inggris.

Surat lamaran atau dan CV dalam bahasa Inggris, mungkin bukan lagi sesuatu yang istimewa, karena pada saat ini sudah banyak yang membuat Surat lamaran atau CV dalam bahsa Inggris. tapi tentunya, tidak semua orang tahu bahasa Inggris, makanya Upit and Thio akan coba berbagi mengenai hal tersebut.

Keuntungan dari surat lamaran dan CV yang ditulis dalam bahasa Inggris adalah, dapat memberikan kesan atau image yang baik bagi si pelamar, karena hanya orang tertentu saja yang membuat surat lamaran dan CV dalam bahasa inggris, selain itu, bisa juga menjadi suatu cara untuk menunjukan keseriusan kita ketika melamar suatu pekerjaan.

Berikut contoh Surat lamaran pekerjaan dan CV dalam bahasa Inggris yang dapat anda download

SURAT LAMARAN DOWNLOAD DISINI

CV DOWNLOAD DISINI

Catatan :
Kalau sudah didownload anda hanya tinggal merubah sedikit tentang identitas anda dan pekerjaan yang anda tuju.

Sekian dulu ya postingan dari Upit and Thio, mudah-mudahan ada manfaatnya, tidak lupa Upit and Thio mengingatkan untuk selalu meninggalkan pesan disini supaya kami dapat berkunjung ke blog anda. Terima Kasih.
More aboutCONTOH SURAT LAMARAN DAN CV DALAM BAHASA INGGRIS

Amar and the tortoise

Diposkan oleh Saepul Rohman on Minggu, 02 Mei 2010

One day, Amar was reading one of his favorite stories, "The Hare
and the Tortoise." He laughed at what happened to the hare and
learned from the tortoise how important it is to use one's head and that
cleverness is more than a match for physical superiority. While he was
thinking about these things, he suddenly realized that the tortoise in the
book had come alive on the page and had started talking to him:
The tortoise began by saying: "Hi Amar! It's great that you are so
young and clever enough to learn a lesson from the story about the hare
and me."
Amar asked "How old are you?"
The tortoise replied: "I'm not as young as I look; I am actually 45 years
old. Tortoises live for about 60 years; and there's even one kind of tortoise
called the 'Testudo' that can live as long as 189 years."
"What's your favorite season?" asked Amar.
The tortoise replied: "Warm weather is very important for our survival.
Our body temperature changes with the temperature of the air around
us and is usually between 32.2 and 32.4 Fahrenheit (0.1 and 0.2 degrees
Celcius) lower than that of the air. Our digestive system speeds up
as the temperature becomes hotter. When Allah created us, He
gave us this characteristic to make it easier for us to survive when it is
very hot. We need all the gifts that Allah gives us, but He is Rich Beyond
Need."
Amar then wondered: "What's your favorite food?"
"We love yellow squash. Our eyes are very sharp, and they see yellows
best. That means we can easily find our favorite food," responded
the tortoise.
Amar had another question for the tortoise:
"Do you hibernate in winter?"
The tortoise explained: "Yes. When the
weather gets colder, from October on, and
food becomes harder to find, our bodies slow
down and we protect ourselves by going to
sleep for several months. Our heartbeat and our
breathing slow down. We hibernate between
October and March. Because Allah created us in this
way, we don't have to stay awake in winter with nothing
to eat, which would be fatal to us.
Allah has protected
us for generations by sending us to sleep at just the right time."
Amar had more to ask: "I know you live on dry land, but I also think
some of you live in the water. Can you tell me about them?"
The tortoise smiled: "You're right, Amar. There are tortoises, fresh
water turtles and sea turtles among us. I live on dry land, for example. I
prefer fields, soft soil and grapevines. Fresh water turtles, the kind you
keep in aquariums, like lakes and river banks. Sea turtles live in the warm
seas and come onto land to lay their eggs. Let me tell you something interesting
about the Caretta sea turtle:
Caretta carettas go to warm beaches to lay their eggs. Allah inspires
the young turtles that hatch from the eggs to head toward the light reflected
off the sea, in other words, to go straight toward where they will
live. How do these baby turtles know that the sea is the best place for
them to live in? It must be because our Lord inspires that knowledge in
them."
Amar said: "You're right. Everyone with a mind to think with must
know that the world is full of Allah's wonders. We must always remember
that you and I, all animals and trees and everything else are a sign
of Him. It was nice to talk to you. Thanks for telling me so much. Byebye."
"Good-bye, you clever boy," said the tortoise.

Source : Harun Yahya Story for kids
More aboutAmar and the tortoise