PANDUAN AKADEMIK

Diposting oleh Saepul Rohman on Kamis, 18 Maret 2010

PANDUAN PENYELENGGARAAN PROGRAM PEMBELAJARAN

TAMAN BACAAN

I. PENDAHULUAN

Program pembelajaran rumah Upit dan rumah Thio, pada saat ini hanya dikonsentrasikan pada program pembelajaran bahasa inggris saja (Bahasa inggris). Program tersebut diselenggarakan sebagai upaya mencerdaskan anak bangsa khususnya di Desa Loreh dan desa Langap.

II. TUJUAN

Program pembelajaran bahasa Ingris di rumah Upit dan Rumah Thio memiliki tujuan , yaitu :

1. Memperkenalkan bahasa inggris sejak usian dini.

2. Memberikan pelatihan keterampilan bahasa inggris sesuai dengan kebutuhan.

3. Menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang didukung dengan kompetensi bahasa asing yang proporsional dan kompetitif.

III. NAMA PROGRAM

1. PRE SCHOOL

Program Preschool diselenggarakan khusus bagi anak-anak yang belum mengenyam pendidikan formal, program tersebut diselenggarakan sebagai upaya memperkenalkan bahasa inggris sedini mungkin.

2. ELEMENTARY

Pada program Elementary , kelas diberinama orchid dengan tingkatan siswa dari kelas 1 SD sampai dengan kelas 4 SD.

3. INTERMEDIATE

Pada program Intermediate, kelas diberi nama Jasmine dengan tingkatan siswa mulai dari kelas 5 SD sampai dengan 3 SMP.

IV. DEFINISI PROGRAM

1. PRESCHOOL

1.1 Definisi Program

Program Preschool adalah program pembelajaran bahasa inggris sejak dini, hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memperkenalkan bahasa inggris sedidini mungkin. System pembelajaran dilaksanakan dalam suasana bebas namun didampingi seorang intruktur untuk mengarahkan pola bermain anak menjadi proses pembelajaran. Sehingga anak tidak mengalami proses pemaksaan dalam kegiatan belajarnya.

1.2 Sasaran Program

· Mengetahui huruf-huruf dalam bahasa inggris serta mampu mengucapkannya.

· Mengetahui angka 1 sampai 10 dan tau cara penucapannya.

· Mampu menguasai kosa kata sederhana yang dipakai sehari-hari

· Memahami ungkapan sederhana

1.3 Target Kemampuan (Skill Targeted)

· Hapalan huruf dan kosa kata sederhana (Memorization)

· Mengeja kata (Reading)

· Pengucapan bunyi kata (pronounciation)

1.4 Ketentuan Peserta

Usia siswa Minimal 3 sampai dengan 5 tahun atau belum mengenyam pendidikan secara formal (sekolah dasar).

1.5 Buku Panduan

Buku-buku yang digunakan adalah buku-buku yang relevan dan disesuaikan dengan kemampuan peserta didik.

2. Elementary (Orchid)

2.1 Definisi Program

Program kelas Elementary (Jasmine) diberikan untuk anak-anak yang masih belajar dikelas 1 SD sampai dengan 4 SD , dengan system pembelajaran yang lebih menitik beratkan pada penguasaan vocabularies dasar dan pronounciation kata-kata sederhana yang banyak di pakai dalam kehidupan sehari-hari.

2.2 Sasaran Program

· Menguasai kosa kata umum yang dipakai sehari-hari atau kosa kata yang ada disekitar kita dalam kehidupan sehari-hari.

· Menguasai ungkapan-ungkapan sedrhana dalam keseharian.

· Mampu berbicara mengenai percakapan-percakapan sehari-hari yang sederhana.

2.3 Target Kemampuan (Skill Targeted)

· Hapalan Kosa Kata (Memorization)

· Membaca Kata (Reading)

· Mengeja Kata (Spelling)

· Pengucapan Bunyi Kata (Pronounciation)

· Ungkapan-ungkapan sederhana (Greeting)

2.4 Ketentuan Peserta

1. Usia Siswa 6 sampai dengan 10 tahun

2. Pra syarat level di sekolah yaitu kelas 1 SD sampai dengan 4 SD

2.5 Buku Panduan

Buku-buku yang digunakan adalah buku-buku yang relevan dan disesuaikan dengan kemampuan peserta didik.

3. Intermediate

3.1 Definisi Program

Program English intermediate (Jasmine) diberikan untuk anak-anak yang masih sekolah dasar (kelas 5 dan 6) dan SMP kelas 1 sampai dengan 3. Hal ini dilakukan dalam upaya penguasaan bahasa inggris yang dapat membantu peningkatan kompetensi bahasa inggris mereka disekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari.

3.2 Sasaran Program

· Menguasai kosa kata umum yang dipakai setiap hari

· Menguasai ungkapan-ungkapan umum

· Menguasai tata bahasa (grammar) sederhana

· Mampu memulai percakapan dan merespon pertanyaan dalam percakapan sehari-hari.

3.3 Target kemampuan (Skill Target)

· Hafalan Kosa kata dan ekspresi (Memorization)

· Membaca kata, kalimat paragraph dan karangan singkat (Reading)

· Pengucapan bunyi kata (Pronounciation)

· Pemahaman tata bhasa sederhana (Grammar)

· Menulis (writing)

a. Menulis Kata

b. Menulis Kalimat

c. Menulis Paragraph

d. Menulis Karangan singkat

· Memahami Maksud dar lawan bicara (Listening)

· Berbicara/bertanya dan merespon pertanyaan sederhana. (soeaking)

3.4 Ketentuan peserta

1. Usia siswa yaitu usia 11 tahun sampai dengan 15 tahun

2. Level sekolah yaitu kelas 5 SD dan kelas 6 SD ditambah kela 1 sampai dengan 3 SMP

3.5 Buku Panduan

Buku-buku yang digunakan adalah buku-buku yang relevan dan disesuaikan dengan kemampuan peserta didik.

V. PENUTUP

Demikian panduan Akademik Taman Bacaan (Rumah Upit dan Rumah Thio) ini di buat, sebagai acuan dalam proses belajar mengajar yang lebih terarah, dengan harapan agar proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisisen untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh semua pihak. Akhir kata penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu dalam proses pembelajaran di taman bacaan tersebut.

Made by:

Saepul Rohman

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar